Share this Link

Fakfak – Komitmen Fakfak Interkonektivitas dengan terus memfasilitasi perluasan akses infrastruktur digital jaringan bergerak seluler pada wilayah-wilayah kampung yang masih blankspot sinyal terus difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten Fakfak.

Terbukti di awal tahun 2022 Telekomunikasi XL akan membangun 13 titik menara Tower atau BTS (Base Transceiver Station) dari 125 titik yang diusulkan sebagai percepatan upaya akses informasi dan komunikasi.

Baca Juga: Sangat Disayankan, Pemda Fakfak Kurang Keterbukaan Informasi Kepada Masyarakat

Hal ini disampaikan oleh Bupati Fakfak, Untung Tamsil, S.Sos, M.Si saat menerima perwakilan PT. XL Axiata di ruang kerjanya pada Senin (3/1/2022).

“Patut kita berterima kasih kepada Pemerintah Pusat. Dengan membangun komunikasi yang baik dan intens akhirnya realisasi program ini terjawab, kita perlu syukuri itu,”ujar Bupati.

Realisasi program ini, kata Bupati, atas usulan dirinya sebagai Bupati bersama Wakil Bupati Yohana Dina Hindom ke Menteri Komunikasi dan Informasi RI setelah dilantik.

“Mudah-mudahan program ini terus berjalan sesuai dengan usulan yang telah disampaikan dan memperoleh dukungan penuh dari seluruh masyarakat pada lokasi yang menjadi sasaran pemasangan BTS ini,”pinta Bupati.

Bupati harapkan dukungan penuh Kepala Distrik dapat terutama kaitan dengan penyiapan lahan atau tanah untuk membangun instrumen ini di kampung.

“Karena investasi ini nantinya juga diperuntukkan untuk kebutuhan komunikasi masyarakat. Apalagi di zaman digitalisasi ini sangat diperlukan oleh daerah,”jelas Bupati.

Sementara itu, perwakilan XL Axiata Ikhsan menjelaskan, ini merupakan program dari Kementerian Kominfo RI Sharing dengan Pemerintah Kabupaten Fakfak yang telah siap di bangun fasilitas ini di awal Tahun 2022 dengan terlebih dahulu memastikan lokasi dan lahan siap bangun.

Baca Juga: Untung Tamsil Membuka Kejurda Tenis Meja 

“Kebutuhan lahan juga hanya 400 m2. Tidak terlalu luas, sehingga perlu dukungan masyarakat yang langsung menerima manfaat dari program ini,”pintanya.

Dari 13 titik yang di bangun merupakan tahap awal yang akan di mulai dari Distrik Furwagi pada Kampung Gar, Rumbati dan Werfra. Kemudian di Distrik Bomberay pada Kampung Onim Jaya, Kampung Tesha, Bumi Moro Indah.

Kampung Onim Sari, Mekar Sari, Pinang Agung. Untuk Distrik Tomage pada Kampung Wonodadi Mulya, Mbima Jaya, Wasa Mulya, Kampung Salawier.

Selanjutnya akan dilanjutkan dengan beberapa kampung sesuai dengan usulan daerah yang telah disampaikan oleh Bupati Fakfak.

Salmon Teriraun   Primarakyat.com

Comments are closed.